Ayam terbesar di dunia

Ayam terbesar di dunia

s128, s1288, sabung ayam, adu ayam, laga ayam, agen sabung ayam, s128 sabung ayam, s1288 sabung ayam

S128 Sabung Ayam, S128 Adu Ayam, Ayam yang ada didalam daftar ini dipilih berdasarkan kriteria postur tubuh dari ayam itu sendiri, bobot badan, keunikan dan juga perannya sebagai indukan utama  bagi varietas ayam lainnya. Berikut adalah 10 jenis ayam terbesar.

  1. Sussex

Sussex dikenal sebagai varietas ayam tertua dan paling populer di Inggris. Ayam ini diperkirakan masuk ke Inggris saat kerajaan Romawi menginvasi kepulauan tersebut pada tahun 43 Masehi. Ayam Sussex berukuran cukup besar. Tubuhnya gempal seperti ayam dari kelompok mongoloid (oriental) pada umumnya. Berat jantan mencapai 4,1 kg dan betina 3,2 kg.

  1. Orpington

Ayam Orpington berasal dari kota Orpington di wilayah Kent, Inggris Tenggara. Ras ayam ini pertama kali “diciptakan” oleh William Cook pada tahun 1886 dengan menyilangkan varietas ayam Minorca, , S128 Laga Ayam, S128 Adu Jago, S128 Sabung Ayam Online Langshan dan Plymouth rock. Ayam ini awalnya didominasi oleh warna hitam. Orpington tergolong ras mongoloid yang memiliki postur besar dan bulat, dada lebar, kepala kecil dengan jengger bilah yang kecil pula. Berat jantan dapat mencapai 4,5 kg. Sedangkan betina 3,6 kg.

  1. Australorps

Australorp adalah varietas ayam yang mulai dikembangkan di Australia pada tahun 1890-1900. Indukan utamanya adalah ayam Orpington yang berasal dari koleksi ayam milik William Cook dan Joseph Partington di Inggris. Berat pejantan 4,7 kg. Sedangkan bobot betina 4,2 kg.

  1. Croad Langshan

Croad Langshan termasuk salah satu varietas ayam tertua di China.  Ayam ini berpostur tinggi besar berbentuk U dengan bobot 5 kg pada jantan dan 3,5 kg pada betina.

  1. Pelung

Ayam Pelung adalah galur ayam lokal asli dengan ukuran tubuh paling besar di Indonesia. Ayam ini berasal dari desa Bumi Kasih, Jambu Dipa, Songgom dan Tegal Lega, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Bobot rata-rata pejantan Ayam Pelung sekitar 4-5 kg. Bahkan dimasa lalu dapat mencapai 6-7 kg. Sedangkan bobot rata-rata betina berkisar antara 3-4 kg.

  1. Cochin

Ayam Cochin berasal dari China dan diekspor ke Amerika Serikat dan Inggris pada pertengahan abad ke-19. Ayam ini berukuran cukup besar dengan bobot jantan 5 kg dan betina 4 kg.

  1. Brahma

Brahma termasuk salah satu varietas ayam terbesar di dunia. Ayam ini dikenal pertama kali di Amerika Serikat. Nenek moyang ayam Brahma pertamakali diimpor dari pelabuhan Shanghai di China pada abad ke-19. Berat rata-rata jantan mencapai 5,5 kg dan betina 4,3 kg.

  1. Jersey Giant

Jersey Giant adalah salah satu varietas ayam terbesar di dunia. Ayam ini pertamakali muncul di New Jersey Amerika Serikat pada abad 19. Rata-rata jantan memiliki bobot 6 kg dan betina 4,5 kg.